twitter
rss


MEMAHAMI PERGESERAN ATAU PERUBAHAN MAKNA KATA

Perubahan atau pergeseran makna kata terjadi karena adanya perubahan zaman atau perubahan waktu dari masa lampau ke masa sekarang
Jenis-Jenis Perubahan Makna Kata :
1.     Perubahan makna kata meluas                   : perubahan makna kata yang dewasa ini cakupannya begitu luas dibandingkan masa lampau, contohnya : kata Ibu dulu hanya digunakan untuk seorang wanita yang melahirkan kita, tapi sekarang digunakan untuk guru atau orang yang usianya jauh diatas kita.
2.     Perubahan makna kata menyempit   : perubahan makna kata yang dewasa ini cakupannya sangat sempit dibandingkan masa lampau, contohnya : kata Sarjana dulu digunakan untuk siapa saja(orang pintar atau cendikiawan), tapi sekarang digunakan untuk lulusan universitas.
3.     Ameliorasi                                        : perubahan makna kata yang dewasa ini lebih baik dibandingkan masa laly, contohnya : kata Buta pada jaman dulu,sedangkan jaman sekarang Tunanetra.
4.     Peyorasi                                            : perubahan makna kata yang dewasa ini lebih buruk dibandingkan masa lalu, contohnya : kata Orang Pintar dulu hanya untuk orang yang bersekolah atau orang yang pandai, tapi sekarang Orang Pintar itu identik dengan paranormal atau dukun.
5.     Sinestesia                                          : pergeseran makna kata karena adanya pengindraan yang dipertukarkan, contohnya : Kue buatan ibu sangat manis (indra pengecap). Senyummu sangat manis (indra penglihatan).
6.     Asosiasi                                            : pergeseran makna kata yang menimbulkan asosiasi karena adanya persamaan sifat, contohnya : kata Amplop.
Makna Kata : Tempat Surat
Makna Baru : Suap

0 komentar:

Posting Komentar